PENGEMBANGAN GAME EDUKASI ALAT MUSIK TRADISIONAL MENGGUNAKAN METODE ITERATIVE WITH RAPID PROTOTYPING MENGGUNAKAN UNITY

Khofifatur Rodiyah, Walidini Saihul Huda

Abstract


Perkembangan mengenai teknologi dan pengaruh globalisasi dapat menjadi salah satu penyebab hilangnya minat anak-anak terhadap musik tradisional. Metode yang bisa diterapkan untuk mengenalkan musik tradisional kepada anak-anak adalah melalui proses pendidikan. Pengembangan media dengan memanfaatkan teknologi dapat menjadi salah satu alternatif dalam upaya mengenalkan alat musik tradisional melalui kegiatan pembelajaran. Oleh sebab itu, tujuan dari studi ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi permainan pendidikan yang menitikberatkan pada alat musik tradisional. Dalam rangkaian penelitian ini, metode yang diterapkan adalah Iteratif dengan Prototipe Cepat menggunakan platform Unity. Setelah dilakukan pengujian blackbox, hasilnya menunjukkan bahwa semua fungsi dalam game beroperasi dengan baik sesuai harapan. Pengujian fun testing dilakukan melalui kuesioner dan dihitung menggunakan interpretasi indeks dari skala Likert. Hasilnya menunjukkan bahwa tingkat ketertarikan mencapai 86%, tingkat kemudahan 86%, tingkat kepuasan 88%, tingkat kesulitan 79%, dan desain game mendapatkan skor 82%. Dengan demikian, nilai total keseluruhan yang diambil dari tingkat ketertarikan untuk bermain game adalah 86%. Harapan dari penelitian ini adalah dapat meningkatkan minat anak-anak terhadap alat musik beraliran tradisional.


Keywords


game edukasi, alat musik tradisional, Iterative With Rapid Prototyping

Full Text:

PDF Hal 24 - 37

References


DAFTAR PUSTAKA

A. Galih Pradana and S. Nita, “Rancang Bangun Game Edukasi ‘AMUDRA’ Alat Musik Daerah Berbasis Android,” J. Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Komun. 2019, vol. 2, no. 1, pp. 49–53, 2019.

H. Kusumawati, “KREATIVITAS DALAM PEMBUATAN ARANSEMEN MUSIK SEKOLAH,” Imaji, vol. 14, no. 1, 2016, doi: 10.21831/imaji.v14i1.9534.

H. Wijaya, “Analisis Bentuk Lagu Sampan Dayuong Di Grup Randai Kuantan ‘Aliran Masa’ Desa Lumbok Kecamatan Kuantan Hilir Seberang Kabupaten Kuantan Singingi Provinsi Riau,” 2018.

. NUR KHOLIDAH, “STRATEGI PEMBELAJARAN MUSIK BAGI PESERTA DIDIKDENGAN HAMBATAN PENGLIHATAN KELAS V(Studi Deskriptif di SDLB-A Pembina Tingkat Nasional, Lebak Bulus, Jakarta),” Feb. 2017.

R. Ferdian, H. Armez Hidayat, I. Epria Darma Putra, and O. Yogha Pratama, “Menjelajahi Komposisi Musik Instrumental Kontemporer: Teknik dan Tren di Era Modern,” J. Sendratasik, vol. 12, no. 2, 2023, doi: 10.24036/js.v12i2.122679.

P. Ario Damar, P. Studi Seni Musik, F. Seni Pertunjukan IKJ Kharisma Hadi, and F. Seni Pertunjukan IKJ, “Pembelajaran Teknologi Musik sebagai Modal Kreatif untuk Terjun ke Dunia Industri Musik,” J. Seni Nas. Cikini, vol. 8, no. 2, pp. 103–114, Dec. 2022, doi: 10.52969/JSNC.V8I2.188.

R. Mursid and E. Yulia, “Pengembangan Pembelajaran dalam Teknologi Pendidikan di Era RI 4.0,” Pros. Semin. Nas. Teknol. Pendidik. Peran Teknol. Pendidik. Dalam Mengembangkan Dan Meningkat. Keprofesionalan Pendidik Di Era Revolusi Ind. 4.0, 2019.

S. Lestari, “Peran Teknologi dalam Pendidikan di Era Globalisasi,” EDURELIGIA; J. Pendidik. AGAMA Islam, vol. 2, no. 2, 2018, doi: 10.33650/edureligia.v2i2.459.

M. Miftah, “FUNGSI, DAN PERAN MEDIA PEMBELAJARAN SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN BELAJAR SISWA,” Kwangsan J. Teknol. Pendidik., vol. 1, no. 2, pp. 95–105, Dec. 2013, doi: 10.31800/JTP.KW.V1N2.P95--105.

D. E. Myori, K. Chaniago, R. Hidayat, F. Eliza, and R. Fadli, “Peningkatan Kompetensi Guru dalam Penguasaan Teknologi Informasi dan Komunikasi melalui Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 5, no. 2, p. 102, 2019, doi: 10.24036/jtev.v5i2.106832.

“IPS Kependidikan Dasar - Ali Mahsun, Vino Putra Hadiyani, Musa’adatul Fithriyah, Yulianti, Lia Nur Atiqoh Bela, Luqman, Tita Tanjung Sari, Ishmatun Naila - Google Buku.”

Sukirman, “Peningkatan Atmosfer Belajar Siswa Generasi Digital Native Melalui Pembelajaran Berbasis Game,” Semin. Nas. Kedua Pendidik. Berkemajuan dan Menggembirakan, no. August 2017, 2017.

Y. F. Avianto and T. A. S. Prasida, “Pembelajaran Aksara Jawa Untuk Siswa Sekolah Dasar Dengan Menggunakan Media Board Game,” Aksara, vol. 30, no. 1, p. 133, 2018, doi: 10.29255/aksara.v30i1.223.133-148.

J. Martha Wuri, W. Wimbrayardi, and marzam Marzam, “Upaya Pelestarian Musik Talempong Pacik di Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan,” J. Sendratasik J. Ilm. Pendidik. Seni Pertunjuk., vol. 4, no. 1, 2015.

W. Andriansyah, E. Fernando, A. Sadikin, P. Studi, T. Informatika, and S. D. Bangsa, “Perancangan Aplikasi Pengenalan Alat Musik Tradisional Nusantara Berbasis Android,” J. Ilm. Process., vol. 12, no. 2, 2017.

S. M. Salasa and S. Amin, “Perubahan Musik Tradisional Dan Resistensinya Pada Masyarakat Tidore,” J. Ilm. Kebud. dan Kesejarahan, vol. VIII, no. 1, pp. 104–112, 2021.

R. A. Nainggolan, “Keberadaan Musik Tradisi Batak Toba dalam Mengiringi Ibadah Pagi di HKBP Tanjung Sari Medan dalam Meningkatkan Minat Jemaat Beribadah,” 2019.

Y. D. Luthansyah, W. S. Wardhono, and ..., “Pengembangan Permainan Mobile AR Fishing Berbasis Marker Menggunakan Metode Iterative and Rapid Prototyping,” … Pengemb. Teknol. …, 2018.

N. Fitriani, R. I. Rokhmawati, and H. M. Az-Zahra, “Evaluasi dan Perancangan Ulang Antarmuka e-Learning SMK Negeri 1 Cerme menggunakan Metode Goal Directed Design (GDD),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. e-ISSN, vol. 2548, no. 7, 2021.

M. M. P. Simanjutak, T. Afrianto, and W. Sukmo, “Pengembangan Board Game Edukasi Dengan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus Permainan Ular Tangga),” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 3, 2019.

R. Arpiansah, Y. Fernando, and J. Fakhrurozi, “Game Edukasi VR Pengenalan dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode MDLC Untuk Anak Usia Dini,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, 2021.

A. Wahyudi, I. Satyarno, L. Budi Suparma, and A. Taufik Mulyono, “QUALITY ASSURANCE DAN QUALITY CONTROL PEMERIKSAAN JEMBATAN DENGAN APLIKASI INVI-J,” J. Transp., vol. 21, no. 2, 2021, doi: 10.26593/jtrans.v21i2.5156.81-92.

C. Naba, M. A. Akbar, and A. A. Supianto, “Pengembangan Permainan Edukasi Berbasis Augmented Reality untuk Pembelajaran Senyawa Hidrokarbon bagi Siswa Sekolah Menengan Atas (SMA),” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 9, no. 3, 2022, doi: 10.25126/jtiik.2022935743.

R. Aditya, V. H. Pranatawijaya, and P. B. A. A. Putra, “Rancang Bangun Aplikasi Monitoring Kegiatan Menggunakan Metode Prototype,” J. Inf. Technol. Comput. Sci., vol. 1, no. 1, 2021.

A. A. Hannan, “Perancangan Sistem Informasi Pemesanan Tiket Kereta Api Layanan Lokal Bandung Raya Berbasis Aplikasi KAI Access ( Studi Kasus Pada PT KAI ),” Apllied Bus. Adm., vol. 2, no. 1, 2023.




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v15i2.311

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Khofifatur Rodiyah, Walidini Saihul Huda

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by/4.0/



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini 

Diterbitkan oleh Fakultas Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070, Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps : Klik Here


 Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.