Implementasi Power BI Untuk Dashboard Analisis Hasil Rating dan Review Produk Elektronik di Lazada.com

Endra Rahmawati

Abstract


Abstract : Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem dashboard yang dapat menganalisis dan memantau hasil rating dan review konsumen terhadap produk elektronik yang di jual di situs marketplace Lazada.com. Beberapa penelitian lainnya telah banyak yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh atau hubungan antara hasil rating dan konten review yang ditulis oleh konsumen setelah barang diterima. Komponen rating dan review ini sangat mempengaruhi minat pembeli lainnya sebelum melakukan transaksi. Hal ini juga dapat menjadi faktor kenyamanan online dan kepuasan tersendiri untuk pelanggan saat bertransaksi di Lazada.com. Dengan menggunakan open data online di tahun 2019, para calon pembeli dan penjual dapat merencanakan jenis produk elektronik apa yang bisa mereka beli atau dijual dengan minat yang tinggi. Produk elektronik ini telah dikategorikan menjadi 5 jenis kategori, yaitu harddisk eksternal, laptop, smart-tv, flash drives, dan televise digital. Sistem Dashboard yang dibangun ini mengolah data sebanyak 203.787 baris data dengan 15 kolom dalam bentuk file excel.

Proses pengolahan data yang dilakukan diantaranya adalah proses ETL (Extract Transform Load) melalui SQL Server 2018 kemudian dilanjutkan dengan import data dan pembuatan sistem dashboard melalui Power BI. Sistem Dashboard untuk menganalisis dan memantau hasil rating dan review produk elektronik ini menampilkan Grafik Jumlah Transaksi berdasarkan kategori produk elektronik, Matriks Jumlah Rating per kategori, Grafik Analisis Review Positif dan Review Negatif Konsumen yang mengandung kata dasar tertentu, seperti “bagus, mantap, good, ok†dan “tidak sesuai, pengiriman lamaâ€. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat Total Review Positif dengan prosentase 98,9%, sedangkan Total Negatif hanya 1,02%, dengan jumlah review null sebanyak 96.03K baris data dari total data keseluruhan sebanyak 203.79K baris data. Sistem Dashboard ini diuji melalui uji coba penerimaan pengguna dengan hasil uji scenario terhadap grafik dan diagram yang ditampilkan seluruhnya berjalan dengan hasil Passed (berhasil), sehingga hasil analisis ini dapat dijadikan acuan bagi para calon penjual atau pembeli apabila ingin melakukan proses transaksi jual beli di Lazada.com, dapat menentukan jenis kategori produk yang mana yang memiliki rating dan review konten yang bagus.


Keywords


Business Intelligence, Dashboard System, Rating & Review Electronic Product, Lazada

Full Text:

PDF

References


Katadata, “Plus-Minus Covid-19 terhadap Bisnis Digital,†Katadata.co.id, 2020. https://katadata.co.id/ariayudhistira/infografik/5ec1f4c2c7256/plus-minus-covid-19-terhadap-bisnis-digital (accessed Apr. 15, 2022).

P. G. E. Deo, R. Sanjaya, and Linda, “Analisis Kualitas Layanan Lazada Dengan Menggunakan Metode E-Servqual Dan IPA,†J. Account. Bus. Stud., vol. 2, no. 1, pp. 1–19, 2017.

D. P. Restuputri, “PENILAIAN USABILITAS UNTUK SITUS e-COMMERCE (STUDI KASUS SITUS www.lazada.co.id dan www.mataharimall.com),†J@ti Undip J. Tek. Ind., vol. 12, no. 2, pp. 119–126, 2017, doi: 10.14710/jati.12.2.119-126.

O. Usman and A. Anshorulloh, “Influence of Customer Satisfaction, Trust, and Price on Repurchase Interest in Online Shop,†SSRN Electron. J., 2020, doi: 10.2139/ssrn.3642498.

A. R. Ekaputri, P. Hadi, and T. Handayani, “Analisis Kepuasan Pelanggan Lazada Di Jakarta Selatan,†Konf. Ris. Nas. Ekon. Manajemen, dan Akunt., vol. 2, no. 1, pp. 331–338, 2021, [Online]. Available: https://conference.upnvj.ac.id/index.php/korelasi/article/view/1133.

G. S. Budhi, “Analisis Sistem E-Commerce Pada Perusahan Jual-Beli Online Lazada Indonesia,†Elinvo (Electronics, Informatics, Vocat. Educ., vol. 1, no. 2, pp. 78–83, 2016, doi: 10.21831/elinvo.v1i2.10880.

A. N. Al Ardi and D. Yulisetiarini, “The Effect of Lazada Website Quality To Satisfaction and Consumer Loyalty,†Int. J. Res. Sci. Manag., vol. 5, no. 10, pp. 11–15, 2018, doi: 10.5281/zenodo.1451296.

S. F. Mawa and I. F. Cahyadi, “Pengaruh Harga, Online Customer Review dan Rating Terhadap Minat Beli di Lazada,†BISNIS J. Bisnis dan Manaj. Islam, vol. 9, no. 2, pp. 253–278, 2021, doi: 10.21043/bisnis.v9i2.11901.

E. H. Muktafin, K. Kusrini, and E. T. Luthfi, “Analisis Sentimen pada Ulasan Pembelian Produk di Marketplace Shopee Menggunakan Pendekatan Natural Language Processing,†J. Eksplora Inform., vol. 10, no. 1, pp. 32–42, 2020, doi: 10.30864/eksplora.v10i1.390.

N. Daulay, “Pengaruh online customer review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee (Studi pada Masyarakat Kecamatan Medan Labuhan),†Universitas Sumatera Utara, 2020.

Y. M. Febrianti, “Analisis Sentimen Pada Ulasan ‘Lazada’ Berbahasa Indonesia Menggunakan K-Nearest Neighbor (K-Nn) dengan Perbaikan Kata Menggunakan Jaro Winkler Distance,†Universitas Brawijaya Malang, 2018.

A. Seviandari, A. I. B. Pramudita, A. P. Darmawansyah, D. A. Masturoh, and S. Ramadhani, “Analisis Jual Beli Brand Elektronik Berdasarkan Total Review Dan Average Analisis Jual Beli Brand Elektronik Berdasarkan Total Review Dan Average Rating Di E-Commerce Lazada,†2021, no. December, pp. 1–6, [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/357087071_Analisis_Jual_Beli_Brand_Elektronik_Berdasarkan_Total_Review_Dan_Average_Rating_Di_E-Commerce_Lazada.

S. Z. Yumni and W. Widowati, “Implementasi Microsoft Power BI Dalam Memantau Kehadiran dan Transportasi Pegawai,†J. Sains dan Edukasi Sains, vol. 4, no. 1, pp. 1–8, 2021, doi: 10.24246/juses.v4i1p1-8.

E. D. Jayanti and N. Ani, “Pembangunan Dashboard Untuk Visualisasi Analisa Keuangan,†J. Format, vol. 6, no. 2, pp. 57–66, 2017.

F. M. Putra and R. Sari, “Aplikasi Business Intelligence Dashboard sebagai Alat Monitoring dan Bahan Pengambilan Keputusan Sales and Account Receivable,†Multinetics, vol. 2, no. 1, p. 35, 2016, doi: 10.32722/vol2.no1.2016.pp35-42.

G. D. Hamidi, R. A. Susilo, and N. A. Rakhmawati, “Vocabulary Lazada Indonesian Reviews Kontributor : Gary Dimitri Hamidi , Rakha Abadi Susilo , Nur Aini Email Kontributor : dimitri.18052@mhs.its.ac.id , Abstrak Dataset,†Surabaya, 2021. doi: 10.13140/RG.2.2.26475.26400.




DOI: http://dx.doi.org/10.53567/spirit.v14i1.237

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Endra Rahmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.


 

Diindeks Oleh:



SPIRIT : Sarana Penunjang Informasi Terkini

Diterbitkan oleh Teknologi Informasi Institut Teknologi dan Bisnis Yadika Pasuruan
Alamat Redaksi: Jl. Bader No.9, Kwangsan, Kalirejo, Kec. Bangil, Pasuruan, Jawa Timur 67153
Telp/Fax: (0343) 742070 , Email : lppm@stmik-yadika.ac.id
Google Maps :  Klik Disini


 Creative Commons License
Karya ini dilisensikan di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi 4.0 .